Proses Pengolahan dan Harga Kopi Arabika

Proses Pengolahan dan Harga Kopi Arabika

Kopi arabika juga sering disebut kopi gunung, kopi Arab, atau kopi semak Arab. Ini merupakan spesies kopi dari genus Coffea. Tentu saja, kopi ini berbeda dengan kopi robusta baik dari segi bentuk biji, aroma, tekstur, dan rasanya.Beberapa cirinya adalah seperti aromanya yang wangi, hidup di daerah dingin & sejuk, cita rasa agak asam, kental di mulut, teksturnya halus, dan pahit.

Proses Pengolahan Kopi Arabika

Sebelum bisa Anda nikmati, kopi arabika terbaik sudah mengalami beberapa proses pengolahan. Bagi Anda yang belum tahu, berikut proses-proses pengolahannya:

1. Wash

Proses ini adalah pemilihan dan pengupasan kulit ceri merah yang selanjutnya difermentasi lalu dijemur. Sebagai informasi, ada 2 jenis proses wash, yakni full wash & wet wash.

2. Honey

Dengan proses ini, ceri kopi merah yang sudah dipilih kemudian dikupas dan difermentasi atau dijemur dengan lendir-lendir yang masih menempel pada ceri kopi merah tersebut. Proses ini berbeda-beda tergantung ketebalan lendir serta tingkat kekeringan kopi yang dijemur.

3. Natural

Ini adalah proses perambangan matang ceri kopi merah yang selanjutnya dijemur Bersama kulitnya yang masih menempel.

4. Anaerobic

Di sini, Anda memasukkan ceri matang ke tangka yang selanjutnya difermentasi tanpa oksigen. Ini adalah Teknik eksperimental guna menciptakan rasa kopi arabika yang kompleks.

5. Lactic

Pada proses ini, ceri matang dimasukkan ke tangki yang kedap udara untuk kemudian difermentasi. Langkah berikutnya adalah menambahkan senyawa baik berupa bakteri asam laktat ke tangka tersebut.

6. Pasca Panen Metode Fermentasi

Untuk keluarkan oksigen dari tangi fermentasi menggunakan karbon dioksida serta memberikan tekanan ke ceri kopi guna menambah kompleksitas rasanya.

Jadi, itulah beberapa proses pengolahan kopi jenis arabika yang perlu Anda ketahui. Anda bisa menyeduh kopi sendiri di rumah dengan menggunakan mesin kopi.

Harga Kopi Arabika

Harga kopi arabika berbeda-beda. Misalnya, biji kopi mentah arabika jenis Gayo memiliki harga yang berkisar kurang lebih 65 ribuan rupiah per kg. Harga itu adalah untuk kualitas standar. Sementara itu, biji kopi mentah arabika Gayo dengan kualitas terbaik umumnya dijual dengan harga sekitar 100 ribuan rupiah per kg.

Dibanding dengan kopi robusta, jenis arabika umumnya memiliki harga yang lebih mahal. Pasalnya, perawatan pohonnya lebih sulit dari pohon kopi robusta. Bahkan, pohon kopi robusta bisa melindungi dirinya sendiri dengan baik dari serangan berbagai macam serangga berkat kadar kafeinnya yang lebih tinggi.

Kopi Arabika sendiri memiliki berbagai macam jenis. Beberapa diantaranya antara lain arabika Papua Wamena, arabika Aceh Gayo, arabika Flores Bajawa, dan arabika Toraja. Dari sekian banyak pilihan yang ada, jenis mana yang paling Anda sukai?

admin

admin