Jenis-jenis olahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak

Jenis-jenis olahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak

Olahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh tidak bisa dilakukan seperti halnya orang tua. Maka dari itu bunda perlu memahami karakter olahraga untuk anak. Andai anak bunda usia 3 tahun ngga bisa diberikan pola latihan seperti anak usia 12 tahun.

Nah, dalam artikel kali ini kami akan berikan ulasan mengenai jenis-jenis olahraga yang cocok untuk diberikan pada anak. Bahkan jenis olahraga ini mulai dari usia 3 tahunan. Tapi ingat, ya bunda, usia pra sekolah jangan diajak olahraga karena perkembangan motorik kasarnya saja sudah membuat lelah.

Jenis olahraga untuk anak di bawah 12 tahun

Misalnya anak bunda usia 4 tahun bisa kok diajak olahraga. Namun pastikan olahraga yang bunda berikan tepat. Lalu aja saja rekomendasinya? Usahakan untuk memberikan olahraga yang sifatnya edukatif. Jadi anak ngga terasa sedang olahraga melainkan sedang bermain. Mari kita simak.

  1. Yoga

Ini olahraga ringan sekaligus bisa melaith motorik kasar anak, kecerdasan kinestik, dan beberapa hal menarik lainnya. Yoga juga mudah dilakukan. Bahkan tidak perlu pelatih khusus, asal bunda mengawai setiap gerakan Yoga yang akan dillakukan anak.

Dengan mengajak anak Yoga, bunda bisa melatih anak berolahraga sejak dini. Nah, kabar baiknya Yoga bisa diajarkan pada anak sejak usia 3 tahun. Tapi jangan kaku, ya,. Bunda.

  1. Lari

Lari pun termasuk jenis olahraga yang bisa diajarkan untuk anak semua usia. Mulai umur 3 tahun sudah bisa diajak olahraga ini. Selain itu, olahraga lari murah serta mudah dilakukan. Ajak saja anak ke lapangan kemudian ajarkan atau adakan semacam perlombaan lari kecil

Ini cocok untuk membiasakan anak lahraga sejak dini. Jadi, tunggu apalagi bunda, mari kita biasakan segera.

  1. Berkebun

Ini ngga harus diajak ke kebun yang luas dan lebar. Bahkan tidak usah diajak bawa cangkul, sederhana saja, bunda ajak anak untuk berkebun di depan rumah menggunakan media tanam polybag.olahraga ini asik dan mudah dilakukan.

  1. Bersepeda

Ini juga termasuk olahraga bunda. Bahkan olahraga ini disukai oleh anak. Kalau bunda ingin melatihj motorik kasarnya coba bunda belikan anak sepeda roda dua tanpa kayuh. Biar anak berusaha sendiri. Selain berguna untuk kinestik anak, juga berguna untuk kecerdasan sosial, motorik kasar, dan semisalnya.

  1. Jalan kaki

Ajarkan anak olahraga jalan kaki di pagi hari saja. Minimal 10 menit lalu biarkan dia merasakan sendiri apa yang terjadi. Mengajarkan anak untuk olahraga jalan kaki, sama dengan bunda mengajarkan anak untuk menjaga kesehatan jantung.

Sekian informasi yang bisa kami berikan mengenai jenis olahraga anak ya, bunda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang.

admin

admin